RSS

Spesifikasi Teknis Pekerjaan Tanah

16 Nov

PEKERJAAN TANAH

  1. Lingkup pekerjaan ini meliputi :
  • Penggalian Pondasi
  • Pengurugan
  • Pemadatan pada setiap lapisan timbunan

2.   Pembersihan Lokasi Pekerjaan

Pembersihan Lokasi pekerjaan dilakukan dengan membuang rumput/tanah humus (top soil) + 15 cm, sampah atau bahan lainnya yang mengganggu, serta membuang ketempat sesuai petunjuk Direksi.

3.   Pekerjaan Pengurugan

3.1.   Bahan yang dipakai untuk pekerjaan pengurugan terdiri dari tanah yang baik dan memenuhi syarat teknis serta bebas dari akar-akar, bahan-bahan organis, barang-barang bekas/sampah yang terlebih dahulu mendapat persetujuan Direksi Lapangan. Jika dijinkan oleh Direksi Lapangan, pengurugan dapat mengunakan tanah bekas galian.

3.2.   Pengurugan dilakukan lapis demi lapis dengan tebal maksimum + 20 cm dan dipadatkan dengan alat sederhana (stamper), disiram sampai jenuh hingga mencapai kepadatan maksimum, baru boleh dilanjutkan dengan lapisan berikutnya sampai mencapai ketinggian sesuai dengan gambar rencana.

3.3.   Pada penimbunan berikutnya harus diperlakukan sama dengan  cara pada point (3.2) pasal ini. Direksi dapat  memerintahkan pengurugan melebihi ukuran, diperhitungkan penyusutan tanah akibat konsolidasi.

4.   Galian Tanah untuk Pondasi Bangunan

4.1.   Galian tanah untuk pondasi harus sesuai dengan ukuran dalam gambar atau sampai tanah keras. Apabila diperlukan untuk menda­patkan daya dukung yang baik, dasar galian harus dipadatkan/ditumbuk.

4.2.   Jika galian melampaui batas kedalaman, pemborong harus menim­bun kembali dan dipadatkan sampai kepadatan maksimum.

4.3.      Hasil galian yang dapat dipakai untuk penimbunan harus diangkat langsung ketempat yang direncanakan yang disetujui direksi. Sedangkan hasil galian yang tidak dapat dipakai untuk penimbunan harus disingkirkan ketempat yang disetujui direksi.

PEKERJAAN URUGAN PASIR

 Urugan pasir harus disiram dengan air sehingga mencapai yang dikehendaki/padat

Pasir laut tidak boleh digunakan untuk urugan dibawah pondasi, bawah lantai dan urugan pasir lainnya.

Pasir pasang dari jenis yang kasar dapat dipakai sebagai pasir urug.

PEKERJAAN URUGAN PONDASI

Pengurugan untuk bekas galian pondasi, atau yang lainnya yang akan ditimbun tidak boleh  dilaksanakan sebelum diperiksa / disetujui Direksi pekerjaan.

Semua pekerjaan urugan yang tidak memakai pasir urug, harus diapaki tanah yang bersih, bebas dari segala kotoran yang akan merugikan konstruksi.

 

Posted by : Adhy Cahya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 16, 2011 in teknik

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: